Facebook

Blogroll

test

Jenis Format File Gambar yang Perlu Kamu Tau

Penting loh memilih format file gambar yang tepat untuk tujuan spesifik, karena salah-salah bisa jadi kamu tidak mendapatkan kualitas gambar yang diinginkan.
Format File Gambar
 Untuk membedakan satu format file dengan format lainnya, ini beberapa contoh format gambar populer dan perbedaannya:

Referensi pihak ketiga: https://www.mckinsey.com/~/media/McKinsey/Business%20Functions/Strategy%20and%20Corporate%20Finance/Our%20Insights/Raising%20your%20Digital%20Quotient/Digital_quotient_1536x1536_Original.ashx
  •  *.RAW: Adalah format file bawaan kamera digital berkualitas tinggi dan lebih efisien dibandingkan TIFF dalam menyimpan informasi. RAW termasuk kedalam lossless file format, dan mampu menampung 16 juta warna (24 bits true color) dengan 256 tingkat kelabu.
  • *.TIFF: (Tagged Image File Format). TIFF merupakan format file image yang menyimpan informasi detail dengan kualitas informasi tinggi termasuk kedalam file format lossless. Format ini mampu menyimpan informasi 32 bit dan bahkan dalam taraf tertentu dapat dikatakan pemborosan media penyimpanan jika dibandingkan dengan RAW. TIFF mampu menampung 16 juta warna dengan 256 tingkat kelabu.
  • *.JPEG : (Joint Photographic Experts Group), memiliki metode kompresi yang berbanding sejajar dengan pilihan tingkat kualitas. Mampu menyimpan gambar dengan modus CMYK, RGB dan Grayscale, dengan 16 juta warna dan 256 tingkat kelabu. Pixel pada file ini biasanya akan tereduksi (lossy) sewaktu di edit atau disimpan ulang maka, maka dari itu untuk menghindari kondisi demiakian biasanya file disimpan dengan format PNG (lossless) dan konversi ke format JPG dilakukan untuk keperluan portabilitas atau jika tidak lagi dilakukan proses editing. Mampu menampung
  • *.PSD (Photoshop Document), merupakan format aplikasi bawaan Adobe Photoshop, informasi pengerjaan image dalam bentuk layer-layer (lapisan lembar kerja) disimpan menggunakan format ini. Format ini dikategorikan kedalam format file lossless.
  • *.BMP: (Bitmap Image). Jika kompatibilitas perangkat lunak masalahnya, format file ini dapat diandalkan. Mampu menampung 16 juta warna dengan 256 tingkat kelabu. Semua aplikasi grafis mengenali format file ini, format ini tergolong lossless.
  • *.GIF: (Graphic Interchange Format) Hanya cocok digunakan jika diperuntukan pada media online karena ukurannya yang kecil dan hanya menyimpan gambar dalam 8 bit bahkan kurang. File ini termasuk kedalam lossy. Hanya mendukung 256 warna dengan 256 tingkat warna kelabu.
  • *.PNG: (Portable Network Graphics) Merupakan format GIF yang tergolong lossless yang ditingkatkan mendukung kompresi lossless dan digunakan pada web atau internet dan bukan untuk keperluan printing karena format ini tidak menyimpan ruang bagi warna selain RGB. PNG mendukung penyimpanan RGB 24 Bit dan RGBA 32 bit. RGBA memaksudkan penambahkan selain warna RGB dengan warna dengan tingkat kelabu (grey). Jika dibandingkan dengan format GIF yang hanya menampung 256 warna, maka PNG mampu menampung hingga > 16 juta variasi warna.
Nah salah pilih file image bisa jadi kualitas gambar digital pun akan terpengaruh, apalagi jika untuk keperluan cetak dan pembesaran image.

Jenis Format File Gambar yang Perlu Kamu Tau Jenis Format File Gambar yang Perlu Kamu Tau Reviewed by Feri Sulianta - News Portal on November 19, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Gallery

Diberdayakan oleh Blogger.