Facebook

Blogroll

test

Kamu Harus Tau Jenis Kertas untuk Hasil Print yang Bagus

[Feri Sulianta] Mengkonfigurasi printer dan memilih kertas, erat hubungannya dengan kualitas cetak dan media kertas yang digunakan. Misalnya, jangan menggunakan opsi printing beresolusi tinggi pada kertas HVS, kamu tidak akan mendapatkan warna dan kualitas lebih baik jika media kertas yang digunakan tidak mendukung. 
Cara memilih kertas printer
Dengan pengaturan yang tepat, kamu akan mendapati kualitas cetak yang efektif dengan image digital yang kamu punya.

Referensi pihak ketiga https://www.howtogeek.com/wp-content/uploads/2013/05/printer-with-paper.jpg
Berikut ini adalah jenis kertas yang sering kali digunakan pada inkjet paper:
  • Paper matte: kertas dengan permukaan kesat dan tidak mengkilap, baik digunakan untuk keperluan cetak kartu undangan atau kartu nama.
  • Glossy photo paper: Permukaan mengkilap dengan tekstur yag halus, cocok digunakan untuk cetak ragam image foto atau image lain dengan resolusi tinggi.
  • Inkjet paper: berbeda dengan kertas HVS, kertas jenis ini memiliki coating atau lapisan khusus sehingga hasil cetak mampu memunculkan warna lebih tegas, biasanya digunakan untuk mencetak berbagai dokumen penting dan image grafis yang membutuhkan kualitas prima.
  • HVS: kertas yang umumnya banyak dijumpai, ditujukan untuk mencetak dokumen standar tanpa membutuhkan resolusi dan kualitas tinggi
Ketebalan kertas amat beragam terutama untuk paper matte dan glossy photo paper yang mencapai ketebalan dengan berat 240 gram. Sedangkan kertas inkjet biasanya didapati seberat 110 gram. Lain hal nya dengan kertas HVS yang cenderung lebih tipis,dan beberapa produk kertas HVS memiliki berat 60 , 70 , 80 hingga 100 gram.
Ukuran kertas pun bervariasi mulai dari ukuran foto 4R , letter, A4 dan Legal atau Folio.
Pilihan kertas sangat berpengaruh terhadap hasil cetakan, beberapa kertas foto berkualitas rendah justru menenggelamkan warna dan image yang ditampilkan justru terlihat redup.
Nah, gimana? Masih gunakan kertas sembarangan untuk mencetak?
Kamu Harus Tau Jenis Kertas untuk Hasil Print yang Bagus Kamu Harus Tau Jenis Kertas untuk Hasil Print yang Bagus Reviewed by Feri Sulianta - News Portal on November 19, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Gallery

Diberdayakan oleh Blogger.