Facebook

Blogroll

test

Pixel Pada Layar Smartphone Rusak? Mungkin Ini Solusinya!

[Feri Sulianta]Pernah dengar istilah dead pixel, bright pixel atau stuck pixel? Dead pixel adalah kondisi layar ponsel yang menghitam atau titik hitam yang ada pada layar yang disebabkan oleh rusaknya transistor pada layar LCD ponsel.


Bright pixel adalah kebalikan dari dead pixel, yang menyebabkan titik putih dilayar ponsel. Sedangkan, Stuck pixel biasanya terdapat satu titik yang hanya memancarkan satu warna saja, yakni merah, biru, atau hijau.
Gambar Dead Pixel [https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcR3jH30_GlZDtK1kMBVJwIcVo6LmpaOLmSMiqljXG8JV5pKrYmj]
Dead pixels dan bright pixels tidak dapat diperbaiki. Bila ponsel terdapat dead atau bright pixel, segera klaim garansi ponsel kamu. Akan ada penggantian LCD layar gratis atau apabila beruntung kamu akan mendapatkan penggantian ponsel baru.
Stuck pixel dapat kamu coba perbaiki sendiri dengan melakukan pergantian warna pada layar secara cepat atau dapat menggunakan suatu aplikasi yang dapat diperoleh di Play Store. Aplikasi yang dapat digunakan untuk memperbaiki stuck pixel salah satunya adalah aplikasi Pixel Curer yang dibuat oleh XLLUSION.
Penggunaan Aplikasi Pixel Curer [Pemilik Hak Cipta]
Setting Aplikasi Pixel Curer [Pemilik Hak Cipta]
Cara menggunakan aplikasi Pixel Curer ini sangat mudah. Kamu tinggal menaruh kotak yang warnanya berubah dengan cepat ke daerah LCD yang terkena stuck pisel seperti pada gambar diatas.
Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk mendeteksi dead pixel adalah Dead Pixel Tester yang dibuat oleh LOST LINK SEARCH.
Penggunaan Aplikasi Dead Pixel Tester [Pemilik hak cipta]
Tekan Layar Untuk Merubah Warna [Pemilik hak cipta]
Aplikasi ini akan membuat layar LCD ponsel mengeluarkan warna yang sama. Lakukan pengamatan dengan mata pada layar LCD ponsel. Periksa setiap bagian LCD, bila ada titik berwarna hitam di LCD saat memasang background berwarna lain, berarti ponsel terkena dead pixel. Bila terdapat titik putih berarti ponsel terkena bright pixel. Bila terdapat titik yang berwarna merah, biru, atau hijau berarti ponsel terkena stuck pixel.
Sebaiknya langsung cek kondisi layar ponsel tepat setelah membeli ponsel tersebut karena biasanya terdapat penggantian ponsel bila ponsel tersebut memiliki cacat dalam waktu satu hari setelah pembelian pada outlet resmi.
Sumber:wikipedia.org/wiki/File:Lcd_display_dead_pixel.jpg

Sumber Relay
Pixel Pada Layar Smartphone Rusak? Mungkin Ini Solusinya! Pixel Pada Layar Smartphone Rusak? Mungkin Ini Solusinya! Reviewed by Feri Sulianta - News Portal on Oktober 01, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Gallery

Diberdayakan oleh Blogger.