Asal Usul Bug Komputer Ternyata "Bug Sungguhan"!

[Feri Sulianta] 'Bug' dalam dunia komputer memaksudkan kesalahan, cacat, kegagalan atau kesalahan dalam program atau sistem komputer yang menyebabkan menghasilkan hasil yang tidak benar, tidak terduga, atau perilaku komputer yang tidak diinginkan dari proses yang seharusnya.
Sebagian besar bug timbul dari kesalahan pada kode sumber program atau disainnya, atau komponen dan sistem operasi yang digunakan. Beberapa disebabkan oleh kompiler yang menghasilkan kode yang salah. Sebuah program yang berisi sejumlah besar bug yang sangat mengganggu, dikatakan buggy (cacat).
Ilustrasi kode program dan error program - http://www.onextrapixel.com/wp-content/uploads/2013/07/clean-coding-best-practices.jpg
Pada tahun 1996, prototipe prototipe Ariane 5 US Space senilai US $ 1 miliar harus dihancurkan kurang dari satu menit setelah peluncuran karena adanya bug dalam program komputer. Pada bulan Juni 1994, helikopter Chinook Royal Air Force menabrak Mull of Kintyre, menewaskan 29 orang. Yang awalnya dianggap sebagai kesalahan pilot, namun sebuah penyelidikan akhirnya menguak fakta bahwa bug perangkat lunak pada komputer mesin pesawat terbang adalah penyebabnya
Pada tahun 2002, sebuah studi yang ditugaskan oleh Institut Standar dan Teknologi Nasional Departemen Perdagangan AS menyimpulkan bahwa bug perangkat lunak sangat umum dan sangat merugikan sehingga menghabiskan biaya sekitar $ 59 miliar per tahun, atau sekitar 0,6 persen dari Produk domestik bruto.
Istilah "bug" tercetus diawali pada kerusakan pada komputer elektromekanis awal. Dimana, pada tahun 1946,operator komputer masa itu mendapati malfungsi yang teralamati pada komputer Mark II. Sewaktu diperiksa, ternyata didapati seekor ngengat yang terjebak dalam sebuah mesin relay, ngengat itu sudah mati terpanggang, dan dalam buku catatan, ditulis bahwa penyebabnya adalah BUG (bahasa Inggris untuk serangga yang kala itu adalah ngengat).
Ngengat mati yang didokumentasikan pada Log Book - https://en.wikipedia.org/wiki/File:H96566k.jpg

Berasal dari 'BUG' pertama, penyebab malfungsi dari komputer, maka untuk kondisi malfungsi demikian orang-orang menyebutnya dengan istilah BUG hingga sekarang, yang merujuk pada 'cacat' atau 'kesalahan pembuatan' yang menyebabkan perangkat tidak berfungsi seperti seharusnya, ini berlaku untuk perangkat keras dan perangkat lunak.
Temuan ngengat pada kasus malfungsi komputer itu dicatat dalam Log Book per tanggal 9 September 1947. Buku log ini, lengkap dengan ngengat mati yang didokumentasikan menjadi milik Museum Sejarah Amerika Smithsonian.


Relay: http://tz.ucweb.com/9_8VUb
Asal Usul Bug Komputer Ternyata "Bug Sungguhan"! Asal Usul Bug Komputer Ternyata "Bug Sungguhan"! Reviewed by Feri Sulianta - News Portal on September 03, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.