Facebook

Blogroll

test

Sering Koneksikan Gadget Ke Komputer Sembarangan? Kayaknya Kamu Perlu ini!

[Feri Sulianta]Sama seperti komputer atau laptop, ponsel Android pun dapat terkena serangan seperti virus, malware, trojan dan serangan-serangan lain. Serangan ini selain dapat menghilangkan file – file penting, dapat juga membuat ponsel Android kamu tidak berfungsi. Untuk itulah diperlukan perlindungan khusus untuk menghindari hal- hal yang tidak diinginkan.

Virus, malware, trojan dan spyware dapat masuk kedalam ponsel Android melalui berbagai macam cara, salah satunya adalah dapat melalui koneksi ponsel ke komputer atau laptop melalui konektor USB. Apalagi bila ponsel Android sering dipergunakan sebagai pengganti USB Flashdrive, maka bisa saja suatu saat virus – virus yang ada di suatu komputer atau laptop akan masuk kedalam ponsel Android kita, contohnya komputer dari internet cafĂ© atau warnet. Di warnet pun, tiap – tiap komputer yang ada didalamnya tidak terjamin bebas dari virus. Untuk itulah antivirus pada ponsel android sangatlah diperlukan.
Antivirus ini dibuat oleh AVAST SOFTWARE dan termasuk antivirus paling popular di Play Store. Fungsi dari antivirus ini sama seperti AVG, untuk mengidentifikasi dan menghapus virus, malware, trojan, maupun spyware. Antivirus ini juga dapat melakukan deteksi ponsel dengan fitur anti-theft. Tetapi ada fitur yang berbeda dengan AVG yaitu fitur untuk blokir panggilan telepon dan SMS seperti aplikasi Calls Blacklist.
Berikut fitur – fitur lengkap dari Avast antivirus:
  • Sebagai antivirus, untuk mendeteksi adanya virus, malware, trojan, spyware yang ada pada ponsel Android
  • Terdapat fitur anti-theft dan fitur blokir panggilan telepon dan sms
  • Privacy report : untuk melaporkan akses yang dilakukan oleh aplikasi yang ada pada ponsel
  • Network Meter : mengidentifikasi akses data internet yang digunakan oleh aplikasi – aplikasi ponsel, seperti browser, Play Store, dan lain sebagainya, identifikasi dilakukan untuk data masuk maupun yang keluar
  • Web Shield : melindungi ponsel dari situs yang mengandung malware.
  • Firewall : hanya untuk ponsel android yang di-ROOT
Untuk melakukan proses scan, cukup mudah, melalui menu utama pilih “Virus Scanner” lalu “Scan Now” .
Antarmuka Aplikasi Avast - Milik Pribadi
Milik Pribadi
Untuk melakukan fitur blacklist panggilan telepon dan sms, dari menu utama pada dapat dipilih menu “SMS and Call Filter” , kemudian akan tampil menu yang berisi grup list. Pemblokiran panggilan telepon dan sms dikelompokkan kedalam kategori – kategori, misalnya kita membuat kategori “Blacklist Grup” untuk memblokir panggilan sms saja. Selain itu, blokir panggilan atau sms ini dapat diatur untuk hari apa saja dan untuk jam berapa saja.
Pemilik hak cipta
Nomor yang ingin diblokir dapat berasal dari kontak, log panggilan, log pesan singkat atau sms, nomor unknown, dan dapat dimasukkan sendiri nomor yang ingin di blokir. Fitur blacklist panggilan masuk dan sms yang terdapat pada Avast ini memiliki pengaturan yang beragam dibandingkan dengan aplikasi Calls Blacklist, akan tetapi memerlukan memory RAM yang lebih besar untuk menjalankannya.
Pemilik hak cipta
Fitur lainnya yang terdapat pada Avast adalah Network Meter, Web Shield dan Firewall. Fungsi firewall hanya dapat digunakan untuk ponsel Android yang telah di-ROOT. Fitur ini sama seperti fungsi firewall yang ada pada komputer. Selain itu, firewall disini juga dapat memblokir paket data internet yang masuk maupun yang keluar dari aplikasi - aplikasi yang ada pada ponsel Android.

Sumber Relay
Sering Koneksikan Gadget Ke Komputer Sembarangan? Kayaknya Kamu Perlu ini! Sering Koneksikan Gadget Ke Komputer Sembarangan? Kayaknya Kamu Perlu ini! Reviewed by Feri Sulianta - News Portal on Oktober 01, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Gallery

Diberdayakan oleh Blogger.